Pages

Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 02 Desember 2015

SISTEM PENCERNAAN MAKANAN

>Pendahuluan
Setiap orang menginginkan tubuh yang sehat. Untuk itu, makanan yang dimakan harus mangandung gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Keadaan ini sangat penting agar fungsi organ tubuh berjalan dengan baik. Kandungan zat giziz yang dikonsumsi dapat mengakibatkan penyakit.
   Perlu diketahui bahwa tidak ada satupun bahan makanan yang mengandung zat gizi yang lengkap sehingga kita perlu mengonsumsi berbagai macam makanan agar kebutuhan tubub dapat terpenuhi. Zat gizi tersebut meliputi protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan garam mineral. Selain zat gizi harus terpenuhi, makanan juga harus higienis dan cukup. Makanan higienis artinya makanan yang tidak mengandung kuman penyebab penyakit dan zat yang beracun. Sedangkan, makanan yang cukup artinya dapat memenuhi kebutuhan tubuh pada usia tertentu.
    Didalam tubuh, makanan akan dipecah menjadi molekul yang leboh sederhana agar dapat dimanfaatkan oleh sel tubuh. Proses tersebut dikenal dengan proses pencernaan dan brrlangsung di organ pencernaan. Organ pencernaan juga memiliki kelenjar pencernaan yang menghasilkan enzim pencernaan. Proses pencernaan makanan didalam tubuh berlangsung secara mekanis dan kimiawi. Proses pencernaan makanan mekanis terjadi di mulut dan di lambung. Sedangkan proses pencernaan kimiawi dilakukan oleh enzim pencernaan. Molekul makanan yang telah dicerna akan diserap oleh usus halus untuk diedarkan keseluruh sel tubuh.

A. MAKANAN DAN KESEHATAN
         Makanan merupakan faktor yang menentukan kesehatan seseorang. Maka dari itu, ketika kita makan hendaknya memilih makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dan bukan hanya mengacu pada kesukaan. Kita harus tetap makam teratur meskipun tidak nafsu makan. Makanan yang kurang bergizi pada waktu makan yang tidak teratur dapat menyebabkan kekebalan tubuh menurun dan kesehatan terganggu. Agar kita dapat memilih makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, kita memerlukan pengatahuan tentang fungsi makanan, cara pengolahan dan penyajiannya. Makanan yang bergizi sering menjadi makanam yang kurang bergizi karena cara pengolahnnya keliru.
           1. Fungsi Makanan
   Setiap orang memerlukan makanan yang bergizi. Jumlah zat makanan yang kita makan tidak sama, tergantung kebutuhan tubuh.
     Orang yang bekerja keras dan banyak gerak, harus cukup mengonsumsi karbohidrat. Jika pekerjaan telah selesai, jumlah karbohidrat yang dimakan dapat dikurangi. Orang yang sedang dalam masa pertumbuhan, sehabis sakit, menyusui, dan sedang hamil memerlukan protein yang cukup.
    Pada saat respirasi berlangsung didalam sel tubuh, terjadi pembakaran atau oksidasi biologi. Oksidasi biologi adalah reaksi antara makanan dengan oksigen. Oksidasi menghasilkan energi. Energi yang dihasilkan itu digunakan untuk melakukan semua proses kegitan hidup, termasuk mempertahankan suhu tubuh agar selalu tetap yaith sekitar 37 derajat celcius. Berbagai jenis bahan makanan yang dikonsumsi sehari-hari dapat menghasilkan energi yang besarnya berbeda-beda.
   Jadi, perlu kita pahami fungsi zat makanan yang kita konsumsi. Zat-zat makanan yang diperlukam tumbuhan antara lain karbohidrat,lemak, protein, vitaminn dan mineral
a). Karbohidrat sebagai sumber energi karbohidrat merupakan senyawa karbon, karena banyak mengandunf unsur karbon(C), disamping unsur-unsur hidrogen (H) dan oksigen (O). Contoh sumber karbohidrat adalah zat tepung dan gula.
  Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi. Satu gram karbohidrat menghasilkan 4,0-4 kilokalori. Energi digunakan untuk bergerak, tumbuh, mempertahankan suhu tubuh, dan berkembang biak.
b). Lemak sebagai sumber energi
       Lemak adalah sumber energi yang tinggi. Satu gram lemak menghasilkan 9 kilokalori. Fungsi lemak, antara lain:
1. Sebagai sumber energi
2. Pelaeut Vit. A, D, E, & K
3. Pelindung organ tubuh yang penting, misal mata, ginjal, jantung.
4. Pelingdung tubuh terhadap suhu yang rendah yaitu sebagai isolator dibawah kulit untuk menghindari hilangnya panas tubuh.
c). Protein Untuk pertumbuhan Sel
        protein yang kita makan akan dicerna menjadi asam amino. Asam amino adalah struktur paling sederhana dari protein. Didalam tubuh , asam amino diubah kembali menjadi protein sesuai dgn kebutuhan tubuh. Protein berfungsi untuk pertumbuhan sel, mengganti sel yang rusak atau mati dan mengatur proses didalam tubuh. Kekurangan protein menyebabkan pertumbuhan  terhambat dan musah terkena infeksi. Didalam sel tubuh protein juga dapat diubah menjadi energi. Setiap satu gram protein menghasilkan energi sebesar 4 kilokalori.
d). Vitamin untuk melancarkan metabolisme Tubuh
     Vitamin adalah zat organik pelengkap makanan yang diperlukan untuk memperlancar metabolisme tubuh . Metabolisme adalah proses reaksi pembentukan dan pembongkaran zat yang berlangsunf didalam tubuh. Reaksi tersebut berlancar jika ada vitamin. Vitamin diperoleh dari makamam. Fungsi vitamin tidak dapat digantikan oleh senyawa lain.
   Vitamin dikelompokkan menjadi vitamin yang larut dalam lemak dan vitamin yang larut dalam air. Vitanin yang larut dalam lemak adalah Vitamin A, D, E dan K. Vitamin yang larut dalam air adalah vitamin B dan C.
e.) Mineral
     Mineral diperlukan oleh tubuh supaya organ tubuh berfungsi dengan baik. Beberapa contoh mineral antara lain zat besi, magnesium, kalsium, natrium, dan kalium. Zat-zat tersebut dapat diperoleh dari daging, sayuran, buah-buahan, susu dan keju. Mineral berfungsi sebagai zat penyusun tubuh, mempercepat, reaksi, dan menjaga proses fisiologi tubuh.
f.) Iodin
     Iodin memegang peranan yang penting dalam proses fisiologi kelenjar tiroid. Iodin merupakan komponen penyusun hormon tiroksin yang berperan dalam mengatur metabolisme.
g.) Air
    Air merupakan bahan makanan yang penting. Didalam tubuh kita, air yang berfungsi melarutkan zat makanan, mempercepat reaksi, membentuk cairan, mengatur panas tubuh dan mengangkut zat sisa ke alat pembuangan. Dalam sehari kita harus minum air paling sedikit 8 gelas atau sekitar 2-2,5 liter. Kekurangan air dapat berakibat fatal, diantaranya terjadi gangguan ginjal.


Sumber : Buku Erlanga

0 komentar:

Posting Komentar